Friday, January 25, 2019

Pandangan Umum Pengertian Bisnis

Dalam ilmu pengetahuan ekonomi, masyarakat mengartikan bahwa bisnis itu merupakan suatu organisasi yang dimaknai dengan menjual barang atau jasa kepada konsumen atau usaha lainnya dalam rangka mendapatkan keuntungan atau laba berupa uang.

Asal kata bisnis berasal dari bahasa Inggris, yakni “business” yang merupakan kata dasar “busy” yang artinya adalah “sibuk”. Namun satu hal yang perlu dipahami bahwa kata sibuk yang dimaksud harus dipahami dalam konteks individu, komunitas, atau pun masyarakat. Jadi sederhananya bahwa sibuk dalam hal mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam negara yang menganut sistem ekonomi kapitalis, dimana secara umum kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta. Bisnis yang dibentuk juga adalah untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis akan mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikannya.

Arti dan Pengertian Bisnis Secara Umum


Namun masih dalam sebenarnya bahwa dalam faktanya tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti penjelasan diatas, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan untuk semua anggotanya atau misalnya institusi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat (welfare state). Model bisnis seperti ini sangat kontras dengan sistem ekonomi sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau milik serikat pekerja itu sendiri.

Secara etimologi, bahwa bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki 3 (tiga) penggunaan, tergantung pada skup penggunaan singular kata bisnis yang dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan sebesar-besarnya.

Pada penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertambangan”. Artinya penggunaan yang paling luas dapat merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun begitu bahwa definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan oleh para pakar maupun ahli bisnis hingga saat ini.

Definisi Bisnis Menurut Para Ahli
Ada beberapa ahli terkenal dan pendapatnya dijadikan sebagai landasan teori yang menjelaskan definisi bisnis, yaitu:

*) Musselman dan Jackson (1992), dua orang ahli bisnis ini mengartikan bahwa bisnis adalah suatu rangkain aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat, perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam aktivitas tersebut.

*) Gloss, Steade dan Lowry (1996) mereka ini mengartikan bahwa bisnis adalah jumlah dari seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

*) Allan Afuah (2004), ia mengartikan bahwasanya bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya yang ada menjadi barang atau jasa yang di inginkan konsumen.

*) Steinford mengartikan bahwa bisnis sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Masih menurut pendapat ahli Steinford, jika kebutuhan masyarakat meningkat, lembaga bisnis pun akan meningkat perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sambil memperoleh laba usaha bagi lembaga.

*) Mr Mahmud Machfoedz juga berpendapat bahwa bisnis adalah suatu usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi agar bisa mendapatkan laba dengan cara memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

*) Ahli T. Chwee (1990) memberikan definisi bahwa bisnis merupakan suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.

*) Menurut Grifin dan Ebert bahwa bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Lebih lanjut Griffin dan Ebert (1996) mengartikan bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) serta usaha informal lainnya.

*) Hughes dan Kapoor, mereka mengartikan bisnis itu adalah aktifitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

Nah, berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli atau pakar diatas, bisniscakap.blogspot.com akan mencoba mengambil satu kesimpulan bahwa bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan baik oleh individu maupun sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk menciptakan nilai (value) melalui produksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta memperoleh keuntungan melalui transaksi atau jual beli.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa bisnis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1) Merupakan kegiatan individu atau kelompok tertentu;
2) Terorganisasi, misalnya terlihat dari adanya manajemen;
3) Memproduksi barang atau jasa;
4) Mampu menciptakan adanya nilai-nilai;
5) Adanya produksi dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat;
6) Melakukan transaksi atau pertukaran yang disepakati;
7) Mendapatkan laba (keuntungan) dari kegiatan yang dilakukannya;

Dari ciri-ciri yang menjadi kesimpulan kami, apakah yang dilakukan oleh sobat bisniscakap.blogspot.com yang berjualan paket pulsa handphone (hp) serta jasa perantara pembayaran listrik, telpon, pam dan lain sebagainya bisa dikatakan sebagai bisnis ? Atau sobat pembaca ada yang memiliki blog atau website kemudian dimonetisasi misalnya memasang iklan milik google adsense (ads) yang populer dimaknai sebagai publisher menggunakan internet, apakah dapat diartikan sebagai bisnis online?

Mengapa? Karena menurut pandangan dan analisa kami bahwa jelas dirinya memperlihatkan dan memenuhi hampir semua ciri-ciri tersebut diatas. Namun bagaimana dengan ciri kedua, yakni adanya manajemen, apakah memenuhi unsur ini? Untuk menjelaskan hal ini, kita harus memahami terlebih dahulu tentang apa itu manajemen.

Definisi Manajemen Menurut Para Ahli
Manajemen dapat diartikan sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi manajemen menurut Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Sementara menurut pendapat pakar manajemen yang lain, yakni Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.

Sudah dapat menyimpulkan sendiri bukan? Semoga dengan adanya artikel ini, sobat bisniscakap.blogspot.com dapat dengan tepat mendeskripsikan dan meraih peluang prospek bisnis yang ada disekitar anda agar bisa cepat sukses dan menguntungkan.

Demikian artikel yang membahas tentang “Pandangan Umum Pengertian Bisnis”, semoga dapat menginspirasi dan memotivasi sobat bisniscakap.blogspot.com untuk menekuni bisnis di tempat anda tinggal. Terima kasih.

2 comments:

  1. artikel yang bermanfaat kak. Terima kasih informasinya.

    calonseo com

    ReplyDelete
  2. Hebat kak infonya. Terimakasih infonya

    ReplyDelete